-->

Terungkapnya Pengurus BEM FEB Unsoed Terseret Kasus Pelecehan Seksual


Mendagri BEM FEB Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berinisial AHM terseret kasus pelecehan seksual. AHM dipecah dari jabatannya dan terancam drop out (DO). Berikut sejumlah fakta soal kasus tersebut.

Dipecat dari BEM

Kasus pelecehan seksual itu terungkap ke publik setelah akun Twitter @Unsoedfess1963 mengunggah salinan SK pemecatan AHM pada Minggu (5/3/2023). Dalam SK tersebut tertulis nama terang jabatan yang bersangkutan.'Secara resmi diberhentikan secara tidak hormat karena tindak pelecehan seksual yang dilakukan oleh yang bersangkutan. Surat ini berlaku mulai tanggal 5 Maret 2023,' sebagaimana tertulis di SK tersebut, dikutip detikJateng, Selasa (7/3/2023).

Surat itu ditandatangani Presiden BEM FEB Unsoed 2023 Rafi Muhammad Warits.

Saat dimintai konfirmasi, Rafi membenarkan pihaknya yang mengeluarkan surat tersebut.

'Betul,' kata Rafi, Selasa (7/3).

Namun Rafi menolak menjelaskan lebih lanjut terkait kasus tersebut. Dia menyampaikan kasus tersebut saat ini sudah ditangani oleh Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Unsoed.'Untuk informasi lebih lanjut bisa ditanyakan kepada Satgas PPKS saja ya, semua informasi ada di sana,' ujarnya.

'Sudah diserahkan penanganannya ke Satgas dan untuk pemulihan korban perlu tenang dan tidak mau banyak informasi terkait kasusnya,' lanjutnya.

Terancam DO

AHM juga terancam dikeluarkan dari kampus atau DO. Hal itu disampaikan Ketua Satgas PPKS Unsoed, Tri Wuryaningsih.

Menurutnya, AHM akan direkomendasikan DO jika terbukti yang dilakukannya adalah pelanggaran berat.

Nanti jika secara sah dia terbukti melakukan pelanggaran, karena kita kan diatur melalui Peraturan Menteri dan Peraturan Rektor ya, bila terbukti jenis pelanggarannya pelanggaran berat ya ancamannya adalah DO,' kata Tri saat dihubungi, Selasa (7/3).

Namun, hal itu belum bisa disimpulkan mengingat psikologis korban masih belum stabil dan belum bisa memberikan keterangan penuh. Hingga saat ini, Satgas PPKS juga belum meminta keterangan dari pelaku.

Belum semua disampaikan karena kan korban kondisinya masih belum siap secara mental, jadi kita belum bisa mengambil kesimpulan, jelasnya.

Meski demikian, dia menyebut sejak dibentuk pada 1 November 2022, Satgas PPKS Unsoed sudah menangani empat kasus. Dari empat kasus itu, satu mahasiswa sudah di-DO.

Ini bukan kasus pertama jadi sejak kami berdiri itu sudah ada empat kasus. (DO) Ada satu, akhir tahun 2022,' jelasnya.

Tri memastikan akan memproses pelaku sesuai prosedur yang ada. Korban juga sudah diberikan pendampingan dan akan diberikan layanan psikologi.

Pada intinya kami sudah terima laporan itu kemudian korban akan kita dampingi ya, need assessment juga, kita identifikasi kebutuhan-kebutuhan yang harus kami berikan kepada korban, pendampingan, dan pelakunya tentu kami akan proses,' jelas Tri.

Korban disebut juga merupakan mahasiswa Unsoed. Kasus ini terjadi beberapa bulan lalu dan terungkap usai bercerita kepada temannya.

Tri mengatakan korban sempat takut untuk melapor. Dia mulai berani bercerita karena melihat pelaku terlihat tak merasa bersalah. '2022, tapi baru ya, di akhir, cuma dia karena memang takut gitu kalau ngomong dikiranya nggak percaya nanti dikiranya menyudutkan. Karena kan korban itu memang tidak bisa langsung seketika itu kemudian menyampaikan, tapi melihat kemudian pelakunya kayaknya tidak ada rasa bersalah, fine-fine saja, kan jadi gemes nah itu kemudian muncul untuk cerita ke temannya,' lanjutnya.

Korban Masih Syok

Ketua Satgas PPKS Unsoed, Tri Wuryaningsih mengatakan korban syok. Kondisinya kan agak syok juga, kondisinya membutuhkan pendampingan lebih lanjut untuk layanan psikologisnya,' ujarnya.

Pihaknya mendapat laporan dari BEM FEB Unsoed beberapa waktu lalu bahwa korban sudah dimintai keterangan namun belum lengkap karena kondisinya masih belum stabil. 'Kalau anak ini sudah siap memberikan keterangan penuh seperti apa nanti, baru kita untuk memanggil pelakunya,' jelasnya.

     

0 Response to "Terungkapnya Pengurus BEM FEB Unsoed Terseret Kasus Pelecehan Seksual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel