-->

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Istilah pembangunan berkelanjutan, muncul pertama kali dalam World Conservation of Nature yang dipakai oleh salah satu pakar, Lester R Brown.

Semenjak saat itu, istilah pembangunan berkelanjutan menjadi popuiler dan mengarah pada refleksi tentang konsekuensi masalah lingkungan hidup untuk ekonomi.

Dalam buku Relasi dengan Dunia: Alam, Iptek, dan Kerja (2005) karya Antonina Panca Yuni Wulandari, pengertian pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan dari generasi sekarang tanpa membahayakan kesanggupang generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Artinya pembangunan ekonomi, selalu memanfaatkan sumber daya alam, dijalankan sedemekian rupa, sehingga generasi mendatang dapat melanjutkan pembangunan yang dijalankan sekarang.

Terdapat beberapa definisi pembangunan berkelanjutan dari para ahli, di antaranya:

Emil Salim

Definisi pembangunan berkelanjutan atau suistanable development adalah suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam dan manusia Pengoptimalan tersebut dengan menyerasikan sumber alam dengan manusia dalam pembangunan.

Ignas Kleden

Pembangunan berkelanjutan sebagai jenis pembangunan yang di satu pihak mengacu pada pemanfaatan sumber-sumber alam maupun sumber daya manusia secara optimal.

Di lain pihak serta pada saat yang sama memelihara keseimbangan optimal di antara berbagai tuntutan yang saling bertentangan terhadap sumber daya tersebut.

Sofyan Effendi

Pembangunan berkelanjutan artinya suatu proses pembangunan yang memanfaatkan sumber daya, arah invesinya, orientasi pengembanganteknologi dan perubahan kelembagaan dilakukan secara harmonis dan memperhatikan potensi saat ini dan masa depan.

Kemampuan generasi masa depan untuk melanjutkan pembangunan sangat bergantung dari sumber daya alam yang tersedia. Sehingga dalam melaksanakan pembangunan ekonomi saat ini tidak boleh merusak atau mengurangi kualitas lingkungan hidup. Setiap generasi harus mewariskan lingkungan hidup yang sehat dan utuh, dengan sumber daya alam yang cukup bagi generasi berikutnya.

Dengan pembangunan berkelanjutan, maka memberi peluang di masa depan untuk pertumbuhan yang sama. Karena memberikan ketersediaan sumber daya alam yang memadai, tetap terpelihara.

0 Response to "Pengertian Pembangunan Berkelanjutan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel