-->

5 Cara yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme

Cara menumbuhkan rasa nasionalisme.




Tak dapat di pungkiri semangat jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda mulai sedikit terkikis. Globalisasi di duga menjadi pemicu slah satu semakin memudarnya jiwa nasionalisme pada generasi muda bangsa membuat budaya asing tidak dapat di filter lagi oleh generasi muda yang dapat mempengaruhi pola pikirnya dan efek-nya pada jiwa patrionalisme kurang nampak.

Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda bisa di lakukan dengan berbagai cara yang menarik sehingga tidak muncul perasaan yang mudah bosan, berikut beberapa caranya :

1. Pelajari sejarah tentang negara kita.


Salah satu cara menumbuhkan rasa nasionalisme adalah mempelajari sejarah tentang negara kita. Dengan kita mempelajari sejarah, kita akan mengetahui seluk-beluk terjadinya negara, ciri khas setiap suku-suku yang ada. Setelah kita mempelajari sejarah yang ada maka yang menjajah kita dulu tidak akan kembali seperti Spanyol, Portugis, Jepang, Belanda, Inggris, dulu membuat kita teriris-iris, sekarang kita tidak akan di buat teriris-iris karena kita sudah mempunyai rasa nasionalisme dengan cara mempelajari sejarah tentang negara kita.


Selain itu bisa juga bisa juga dengan mempelajari sejarah melalui buku-buku yang menceritakan perjuangan, baik diplomasi maupun perang bersenjata atau bisa juga dengan nonton film dokumenter tentang bangsa melawan penjajah.

2. Jelajah negeri.


Yang di maksud jelajah negeri yaitu dengan cara kita berjalan-jalan keliling negeri. Dari sabang sampai merauke, dari miangas hingga ke rote kita jelajahi seluruh tempat yang ada bahkan sampai ke pelosok negeri. Dengan jelajah negeri kita akan mempunyai sececah wawasan tentang negara Indonesia yang ada di otak kita.



3. Mengabdi kepada negeri.

Yang di maksud mengabdi pada negeri bukan saja menjadi TNI/POLRI atau PNS, tapi yang di maksud mengabdi pada negeri adalah ngabdi sesuai profesi. Contoh-nya adalah sebagai pelajar dan generasi muda anti micin harus mentaati tata tertib, hidup rukun, rajin belajar dan masih banyak lagi lainnya.


4. Mencintai dan melestarikan budaya yang sudah ada di negara kita.

Mencintai dan melestarikan budaya yang sudah ada memang sulit, namun kita yang sebagai generasi muda di tuntut untuk selalu mencintai dan melestarikan budaya yang sudah ada supaya tidak di akaui/di ambil negara lain ataupun budaya yang sudah ada malah hilang entah kemana. Salah satu cara untuk mencintai dan melestarikan budaya yang sudah ada yaitu dengan merawat-nya supaya tetap ada ataupun dengan mengadakan ekstrakulikuler di sekolahan.




5. Cari kelebihan dari negara kita.
         Setiap negara memiliki kelebihan, begitu juga dengan Indonesia. Indonesia memiliki banyak kelebihan, di anatara-nya SDA yang melimpah, orang-orangnya yang ramah dan masih banyak lagi yang lain nya. Pada awal pemerintahan jokowi sampai akhir pemerintahan-nya, belanja online menjadi salah satu trand yang sedang meningkat. Hal itu di tandai dengan muncul-nya startup-startup muda.


Belanja online terus meningkat setiap tahun-nya, tahun 2018 jumlah belanja online mencapai Rp.144 triliun. Selain itu Indonesia menempati urutan ke 5 sebagai negara yang mempunyai startup terbanyak di dunia dengan jumlah startup mencapai 1700 perusahaan. Hal tersebut sangat bagus untuk di kembangkan lebih jauh lagi. Dengan meningkat-nya trand belanja online tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah siap menghadapi globalisasi.


Setelah pertemuan IMF di Bali tanggal 8-14 Oktober 2018 yang di hadiri oleh banyak orang di dunia, salah satu-nya adalah Jack Ma( pendiri alibaba group). Setelah pertemuan itu selesai startup Indonesia kembali diguyur oleh investor kelas dunia yang menginvestorkan puluhan triliun. Bahkan Jack Ma akan memasukan 5 produk asal Indonesia ke program 11.11 di alibaba.com, berikut adalah vidio-nya(pastikan anda tonton sampai akhir vidio) :




Demikian adalah 5 cara menumbuhkan rasa nasionalisme. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda. Jangan lupa untuk selalu belajar dan bekerja keras.

0 Response to "5 Cara yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel