-->

Penjelasan tentang FILTER MAP & REDUCE

img sampul

Kali ini saya akan bahas tentang 3 contoh higher order function pada JavaScript yang sering digunakan oleh para programmer, yaitu  Filter, Map, dan Reduce. 3 function itu merupakan prototype dari tipe data array.


Array.prototype.filter()
Array.prototype.map()
Array.prototype.reduce ()

1. FILTER

Filter sendiri Digunakan untuk menyaring nilai dari suatu array. Misalnya saya punya array angka seperti di bawah ini.


let angka = [1, 2, 3, 4, 5, 7, 0, 10, 90, 50, 19, 89]
 

Isi array tersebut akan saya filter mana angka yang lebih besar dari 3. Cara paling mudah untuk melakukan itu yaitu dengan menggunakan filter.


let hasil = angka.filter(a => a >= 3)
console.log(hasil)

2. MAP

Map sendiri digunakan untuk memetakan tiap element menggunakan fungsi yang baru. Misalnya tiap array angka diatas akan saya kalikan dengan 2. Maka tulisan kode yang paling simpel adalah seperti berikut ini


let hasil = angka.map(n => n * 2)
console.log(hasil)

3. REDUCE

Map sendiri digunakan untuk melakukan sesuatu terhadap seluruh elementpada array. Misalnya array angka diatas akan saya jumlahkan semua isinya. Maka tulisan kode yang paling simpel adalah seperti berikut ini.


let hasil = angka.reduce((prev, current) => prev += current)
console.log(hasil)




Sekian untuk artikel hari ini, jangan lupa follow instagram saya di @george_ikki 

0 Response to "Penjelasan tentang FILTER MAP & REDUCE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel