-->

Pengertian, dan macam-macam bahasa pemprograman

A. PENGERTIAN BAHASA PEMPROGRAMAN.

Gambar terkait


Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

B. MACAM MACAM BAHASA PEMPROGRAMAN.

1. Bahasa pemograman JAVA.

Mengenal dan Memulai Pemrograman Java | Belajar Java - CodePolitan.com

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser. Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sudah berumur dari era 1990-an, kian berkembang dan melebarkan dominasinya di berbagai bidang. Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.

2. Bahasa pemograman PYTHON.

Hasil gambar untuk BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON
Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

3. Bahasa pemograman RUBY
Ruby adalah bahasa skripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar sepertiPerl dan Python.
4. Bahasa pemograman SQL.
Hasil gambar untuk BAHASA PEMROGRAMAN sql

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.
5. Bahasa pemograman PHP.
Hasil gambar untuk BAHASA PEMROGRAMAN php

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
6. Bahasa pemograman COBOL.
Hasil gambar untuk BAHASA PEMROGRAMAN cobol

.COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

 7. Bahasa pemograman VISUAL C++.


Hasil gambar untuk bahasa pemrograman c++

Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untukbahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio. C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class. Bahasa C++ ini termasuk compiled language, dimana source code dilakukan proses compiling sehingga dihasilkan suatu program binary dimana binary filenya adalah binary file sesuai dengan sistem operasi maupun platform tujuan. Binary file ini kemudian dijalankan dan menghasilkan aplikasi sesuai source yang telah kita buat.
Bahasa C++ termasuk middle-level language yang merupakan kombinasi high-level dan low-level language. Makin low-level makin mendekati bahasa mesin.
Bahasa C++ juga disebut static typing dimana pengecekan type dilakukan saat kompilasi, pengecekan tidak dilakukan saat run-time(eksekusi).
Standar pemrograman bahasa  C++ ini dibuat oleh ISO (International Organization for Standarization). Standard terbaru pada saat artikel ini ditulis adalah ISO/IEC 14882:2014  yang dikenal dengan C++14. C++14 ini menggantikan standar sebelumnya yaitu C++11.
Qt 5 sudah mengimplementasikan C++14.
Pemrograman C++ ini banyak mempengaruhi bahasa pemrograman yang lain misalnya Java, C#, PHP, Javascript dan lain-lain.
8. Bahasa pemograman DELPHI.
Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop danenterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software. Pada umumnya bahasa Delphi ini hanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop. Namun setelah berkembang, Delphi ini bersifat general purpose. Program ini memiliki peran untuk membuat aplikasi window dan program yang berbasis jaringan client ataupun server. Tidak hanya itu saja, Delphi juga dapat merancang aplikas yang berbasis program dan merancang program .Net.
Keunggulan dari Bahasa ini yaitu pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan oleh Delphi, secara otomatis akan dibaca sebagai program oleh Delphi tanpa harus dijalankan secara terpisah. Begitupula dengan source code yang merupakan turunan dari pascal, yang artinya tidak memerlukan lagi penyesuaiyan.
Kelebih dari Bahasa pemrogaman ini adalah memudahkan distribusi dan juga meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning. Selain itu optimasi compiler yang cepat. Bahasa perograman ini dapat digunakan di multiplatform (Windows, Linux, IOS, maupun android) dan program ini juga dapat menkompilasi menjadi aplikasi potable.
Untuk kekurangan dari Bahasa ini sendiri yaitu pengaksesan platform dan library membutuhkan filter-filter header yang diterjemahkan dalam Bahasa pascal. Begitu pula dengan masalah bahasa terdapat Dokumentasi platform dan teknik-teknik yang menyertai sulit di temukan dalam Bahasa pascal.
9. Bahasa Pemrograman Javascript.
Hasil gambar untuk bahasa pemrograman java script
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

2 Responses to "Pengertian, dan macam-macam bahasa pemprograman"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel